Bongkar Rahasia Cara Mendapatkan Tiket Pesawat Murah dan Promo Maskapai

Suatu saat sodara saya hendak pulang kampung dari Kalimantan menuju Ciamis, Jawa Barat. Lantaran jarak yang sangat jauh maka moda transportasi yang tepat untuk digunakan adalah pesawat terbang. Tentu saja dengan menggunakan pesawat terbang maka ongkos yang dikeluarkan akan jauh lebih besar dibanding kendaraan lainnya.

Hanya saja dengan pesawat terbang seakan sebanding dengan waktu tempuh yang akan kita terima, jika menggunakan kapal laut akan membutuhkan waktu beberapa puluh jam, tetapi dengan pesawat terbang sodara saya akan sampai di Jakarta hanya dalam waktu dua jam saja.

Permasalahannya adalah, sodara saya ingin mendapatkan tiket pesawat murah, katanya saat ini tiket sedang mahal dan harus menunggu hingga beberapa hari kedepan agar mendapatkan harga murah dan promo. Lantas, benarkah ada cara mendapatkan tiket pesawat murah dan promo untuk berbagai maskapai penerbangan?

Cara Mendapatkan Tiket Pesawat Murah

Apakah harga tiket pesawat terbang dipengaruhi oleh jam, hari dan masa waktu liburan? Semisal sedang musim liburan maka tiket pesawat terbang jadi dinaikan?? Tentu saja tidak semuanya benar karena harga tiket pesawat terbang sudah ditentukan oleh pemerintah batasan-batasannya.

Trus kenapa tiket pesawat terbang selalu berubah setiap saatnya? Inilah yang harus anda ketahui terlebih dahulu soal seluk beluk harga tiket pesawat terbang.

Kenapa Harga Tiket Pesawat Terbang Kerap Berubah?

Pertanyaan itu memang sering dilontarkan oleh banyak calon konsumen pesawat terbang. Semisal anda ingin pergi kesuatu kota dengan menggunakan maskapai neperbangan Garuda Indonesia (https://www.garuda-indonesia.com/id/id/index.page), anda memesannya tiket pesawat dan melakukan booking tiket online dengan mendapatkan harga terbaik misal Rp.600.000.

Namun beberapa jam kemudian tiba-tiba sodara anda ingin ikut dan melakukan pemesanan yang sama dengan anda, tak tahunya harganya sudah naik hingga beberapa kali lipat. Anda tak perlu heran dengan hal itu.

Pada sebuah maskapai penerbangan tentu memiliki kelas-kelas pada setiap pesawatnya. Semuanya sudah diatur mulai dari kelas terendah yakni kelas Ekonomi Promo dengan kode Victor (V) hingga kelas Ekonomi atas dengan kode Yankee (Y).

Tentu harga tiket pesawat dengan kelas Ekonomi Promo terendah akan jauh lebih murah dibandingkan dengan ekonomi Yankee. Padahal semua kursinya tak jauh berbeda dan berada dalam satu kabin. Perbedaannya adalah dari beberapa kebijakan yang akan anda dapatkan.

Misal kelas Yankee jika anda tak bisa berangkat hari ini maka anda bisa menggesernya ke lain waktu tanpa dikenakan biaya tambahan, itupun jika tidak lebih dari waktu perubahan tiket yang ditetapkan, keunggulan lainnya adalah jika dibatalkan maka uang bisa dikembalikan lagi ke anda beberapa persennya. kelas Yankee juga bisa memesan seat mau duduk disebelah mana. Sementara kelas victor kalau dibatalkan tentu hangus semuanya dan lain sebagainya.

Nah dalam satu rute pesawat terbang menyediakan beberapa kursi sesuai kelasnya, kelas Victor (V), Kelas Bravo (B), Kelas Quebek (Q) dan seterusnya hingga kelas Ekonomi tertinggi Yakni (Y) dan Kelas Bisnis yang terdiri dari sub kelas J (Juliet), C (Charlie), D (Delta) dan W (Whiskey). Semua harga tentu berbeda dari mulai ratusan ribu hingga jutaan.
harga tket pesawat terbang berubah

Jika anda memesan tiket pesawat terbang saat ini kemudian anda mendapatkan harga termurah, sudah dipastikan anda mendapatkan harga ekonomi promo Victor (V). Namun jumlah promo victor paling banyak diburu sehingga bisa dipastikan semakin lama jumlahnya akan semakin sedikit dan habis. Setelah itu tinggal sisa kelas Q, N, K, M, L hingga Y.

Maka anda akan ditawarkan tiket dengan kelas diatasnya yang masih tersisa, perusahaan akan menawarkan untuk harga termurah terlebih dahulu kepada anda. Jika kelas Victor (V) dengan harga Rp.600.000 sudah habis, maka akan ditawarkan kelas Q dengan harga Rp.780.000.

Misalnya seperti itu dan akan terus hingga seat pesawat terbang habis dihari itu juga. Saya harapa anda faham hingga sini. Lantas bagaimana cara Mendapatkan Tiket Pesawat Murah?? Secara kenyataannya sudah saya jelaskan diatas.

Maskapai penerbangan bisa saja memberikan tiket promo pada masa-masa tertentu saja, seperti Air Asia yang gemar memberikan promo tiket gratis, itu akan sangat sangat sulit anda dapatkan lantaran jumlahnya sangat terbatas dan menjadi rebutan, bisa jadi jumlahnya hanya satu atau dua seat.

Ketahui Waktu yang Tepat Untuk Memesan Tiket Pesawat Terbang

Anda mungkin menganggap pada saat membeli tiket pesawat terbang diwaktu liburan kemudian anda kebagian harga yang sangat mahal, itu sudah dipastikan harga kelas ekonomi promonya sudah habis. Maka anda kebagian tiket pesawat dengan kelas diatasnya yang harganya jauh lebih mahal.

Pada saat liburan akan banyak orang yang melakukan pemesanan tiket pesawat, bahkan mereka memesannya jauh-jauh hari. Kita akan cukup kesulitan mendapatkan harga tiket pesawat terbang murah sekalipun seminggu atau dua minggu sebelumnya jika waktu perjalanan anda dimasa liburan panjang atau masa liburan hari raya.
waktu yang tepat booking tiket pesawat terbang

Lantas kapan waktu yang tepat melakukan booking tiket pesawat terbang? Jawabannya adalah segera. Anda persiapkan melakukan pemesanan baik langsung ke counter atau secara online seminggu atau dua minggu sebelumnya.

Jika sedang kebetulan mendapatkan tiket kelas ekonomi terendah promo victor maka sebaiknya anda langsung melakukan pemesanan. Begitupun semisal kelas V sudah habis dan tersedia kelas Q maka sebaiknya jangan ragu membookingnya.

Selisih harga 200.000 atau lebih tentunya tak akan ada artinya untuk kelas Q dibandingkan telat beberapa jam kedepan dan kelas Q tiba-tiba sudah habis dan menyisakan kelas Ekonomi diatasnya lagi, maka harganyapun akan semakin mahal.

Pesan Tiket Pesawat Secara Online Langsung ke Contact Center

Apakah mungkin harga tiket pesawat terbang dari travel agent dengan harga lebih murah dibanding harga dari perusahaan?? Misal perusahaan menyediakan harga kelas V sebesar Rp.600.000, kemudian di travel agent dijual dengan harga Rp.550.000.

Mungkin kah? apa gak rugi travel agent?? Tentu saja mungkin jika perusahaan travel agent memberikan diskon besar-besaran dengan melakukan subsidi demi menjaring calon pelanggan.

Untuk perusahaan travel agent besar dengan jumlah pembelian mencapai ratusan tiket pesawat terbang setiap harinya maka bukan hal sulit untuk memberikan promo, hanya saja dipastikan jumlahnya tak akan banyak. Maka solusi yang tepat adalah melakukan pemesanan langsung  keperusahaan penerbangannya melali contact center.
Pesan tiket pesawat melalui contact center

Anda cukup menelpon contact center dan melakukan pemesanan sesuai dengan rute tujuang yang diinginkan. Siapkan identitas dari KTP anda dan bolpoin untuk mencatat kode booking yang diberikan. Harga dari perusahaan tentu lebih baik ketimbang dari travel agent meski ada diskon namun tak pasti.

Pantau Ketersediaan Seat

Sistem atau aplikasi komputer untuk reservasi yang dimiliki oleh perusahaan maskapai penerbangan bisa saja berbeda dengan sistem reservasi yang dimiliki oleh travel agent. Sebut saja untuk Garuda Indonesia yang menggunakan sistem Altea, mungkin saat ini sudah berubah sistemnya mengingat Garuda Indonesia juga melakukan reservasi online internasional dan selalu ada upgrade sistem.

Nah ada beberapa hal dalam reservasi yang tak bisa dilakaukan oleh travel agent semisal mengecek berapa jumlah seat yang tersedia atau melakukan request seat. Maka ada baiknya anda langsung melakukan pemesanan tiket pesawat terbang secara online melalui contact center.

Anda bisa melakukan semuanya dan menanyakan semuanya, anda juga bisa melakukan waiting list jika kursi yang anda inginkan masih belum anda. Waiting list adalah dimana anda memesan kursi persawat terbang namun sudah penuh, barang kali ada pemesan lain yang mengubah jadwal penerbangan atau membatalkan penerbangannya, maka akan ada kursi yang kosong dan akan langsung ditawarkan kepada anda yang sudah terlebih dahulu melakukan waiting list.
ketersediaan seat pesawat terbang

Anda bisa memantau ketersediaan seat pada pesawat terbang untuk mendapatkan tiket pesawat murah dan promo. Anda bisa menanyakan jumlah seat yang tersedia untuk kelas promo untuk tanggal-tanggal yang anda inginkan. Bisa seminggu kedepan atau dua minggu kedepan.

Gunakan Pembayaran dengan Kartu Kredit

pembayaran online pesawat terbang kartu kredit

Sistem pembayaran untuk booking tiket pesawat online memang cukup banyak caranya, bisa melakukan pembayaran dengan transfer ATM dan juga Kartu Kredit. Namun saya pribadi lebih senang menggunakan transfer ATM lantaran prosesnya lebih cepat, maklum saa saya juga tak punya kartu kredit.

Namun jika anda menggunakan kartu kredit biasanya suka ada promo dan diskon yang diberikan oleh Bank jika melakukan pembayaran tiket pesawat terbang dengan kartu kredit (CC). Anda juga bisa menanyakan langsung kepada Maskapai Penerbangan melalui telpon contact center apakah ada promo dibulan ini atau tanyakan kapan akan ada promo.

Fleksibel dengan Tujuan Penerbangan Anda

tiket tujuan penerbangan

Dalam hal ini jika anda berada di Pangandaran dan ingin terbang ke Lombok, maka bandara yang terdekat adalah Bandung atau Jakarta, hanya saja saya belum tahu apakah di Bandung ada penerbangan langsung ke Jakarta atau tidak, solusinya adalah ke Jakarta terlebh dahulu.

Namun pastinya ongkos yang anda keluarkan akan jauh lebih malah, ongkos Bus dari Pangandaran ke Jakarta ditambah penerbangan dari Jakarta ke Lombok. Solusinya adalah anda dari Pangandaran menuju ke Jogjakarta menggunakan Bus, untuk tiket Bus paling sekitar Rp.150.000.

Kemudian anda melakukan penerbangan dari Bandara Adisutjipto Yogyakarta menuju Lombok, NTB dengan harga sekitar Rp.550.000 untuk kelas ekonomi promo terendahnya.

Pesanlah Tiket Pulang Pergi dan Beserta Hotel

Pesanlah Tiket Pulang Pergi dan Beserta Hotel

Pemesanan tiket pesawat terbang pulang pergi tentu akan lebih murah, apalagi jika semua tiket pulang pergi tersedia dalam kelas ekonomi terendah victor. Selain itu tiket pulang pergi akan memberikan kenyamanan pada anda lantaran sudah mengantongi harga tiket murah sejak awal.

Semisal anda memesan tiket berangkat ke Lombok seminggu sebelumnya untuk liburan selama tiga hari, ika anda tak memesan tiket pulangnya sekalian, maka anda akan mendadak pesan tiket pulang, kemungkinan mendapat tiket harga malah terbuka lebar.

Selain itu untuk mengirit biaya anda juga bisa melakukan pemesanan hotel sekaligus, dan semuanya bisa dilakukan denga booking hotel online diberbagai travel agent besar seperti pegpegi, traveloka, wego dan lain sebagainya.

Jadi Member di Sebuah Maskapai Penerbangan atau Travel Agent

Jadi Member di Sebuah Maskapai Penerbangan atau Travel Agent

Menjadi member langsung disebuah maskapai nasional akan memudahkan dalam mendapatkan berbagai informasi terbaru termasuk promo. Semisal untuk maskapai penerbanga Garuda Indonesia,a nda juga akan mendapatkan poin Mile pada setiap penerbangan dan suatu saat bisa ditukar dengan tiket pesawat terbang lainnya.

Cara mendapatkan tiket pesawat murah dan promo lainnya adalah dengan menjadi member pada situs-situs travel agent seperti traveloka, booking.com, wego, pegipegi dan lain sebagainya. Tentunya akan ada banyak penawaran menggiurkan setiap harinya.

Nah itulah cara mendapatkan tiket pesawat murah dan promo untuk maskapai penerbangan. Setidaknya anda sudah mengerti bahwasannya langkah-langkah diatas menurut saya sudah yang terbaik, anda harus mengerti bahwa harga terbaik adalah harga yang diberikan langsung oleh perusahaan penerbangan.

Hal ini sesuai dengan pengalaman yang saya dapatkan selama bekerja di maskapai penerbangan beberapa tahun silam. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi anda sekalian.

Belum ada Komentar untuk "Bongkar Rahasia Cara Mendapatkan Tiket Pesawat Murah dan Promo Maskapai"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel