Mau Wisata Yogyakarta? Rencanakan Perjalanan Ke Jogja dengan Sempurna

Apakah kamu berencana akan liburan diakhir pekan ini? Kota mana yang mau kamu kunjungi? Jika Yoygyakarta yang menjadi target kunjungan liburan kamu pekan ini, maka kamu tepat berada di blog ini.

Yupz, kali ini kami akan berikan Tips Wisata Ke Yogyakarta dengan melakukan perencanaan lengkap mengenai Perjalanan Ke Jogja dari persiapan awal hingga akhir. Lantas apa saja yang harus disiapkan serta berapa biaya yang dibutuhkan?

Nah, kali ini kita akan berangkat dari Kota Bandung ya, kebetulan karena kami memang berdomisili di Bandung, tapi jangan khawatir, Tips ini bisa disesuaikan dengan kota awal anda berangkat. Oke langsung saja kita bahas.
Wisata Yogyakarta

Persiapan Wisata Ke Yogyakarta

Tentu saja kamu harus mempersiapkannya dari sedini mungkin. Setidaknya kamu sudah memiliki rencana liburan ke Jogja sejak sepekan lalu. Kamu bisa mengajak temen-temen kamu seperti temen kantor atau temen kuliah.

Berapa orang yang akan ikut liburan, jika banyak maka kamu perlu memperhatikan hotel di jogja tempat kamu menginap nantinya. Jangan sampai temen kamu kehabisan kamar dan kamu harus menginap terpisah dengan rombongan. tetapi kalau kamu cuman berdua saja dengan pasangan tentu gak ada masalah.

Kamu perlu menentukan kendaraan yang akan digunakan, misal Kereta Api, Bus Umum atau kendaraan pribadi, kemudian didaerah mana akan menginap, apakah diperkotaan dekat tempat keramaian, atau dipelosok tempat wisata lainnya.

Persiapkan kondisi fisik kamu agar tetap fit, kan mau perjalanan jauh, jangan sampai kondisi fisik kamu sedang menurun, nanti pas liburan di Yogyakarta kamu malah sakit tepar. Dan yang paling penting adalah Keuangan.

Persiapkan pakaian yang akan dibawa, peralatan pribadi dan obat-obatan. Serta kebutuhan lainnya. Namun jangan terlalu banyak membawa barang bawaan agar kamu gak merasa berat, apalagi pulangnya kan bawa oleh-oleh.

Hitung Berapa Biaya yang Dibutuhkan

Caranya gampang menentukan berapa biaya yang dibutuhkan selama liburan di Jogjakarta. Yupz, kamu bisa menentukan biaya mulai dari perjalanan ke Jogja dengan menggunakan kendaraan umum atau pribadi. Jaman sekarang yang serba online ini tentu saja memudahkan kita mengetahui berapa biaya tiket Kereta Api pulang pergi ataupun bis dan Travel.

Biaya Transportasi

Nah untuk tiket Kereta Api bisa melakukan pengecekan di Situs Kereta Api Indonesia, atau kamu bisa melakukan pengecekan dan pemesanan di situs travel online lainnya seperti Pegipegi.com, Traveloka dll. Untuk harga kelas Bisnis Kereta Api Lodaya dari Bandung Ke Jogjakarta sekitar Rp.215.000. Tinggal kalikan saja berapa orang dan untuk tiket Pulang Pergi.
harga tiket kereta api ke Jogjakarta

Tiket Kereta Api: Rp.215.000 Perorang
Kalau ada 2 orang berarti Rp.430.000. Kalikan pulang pergi jadi Total Rp.860.000.
Sebaiknya tiket kereta api langsung pesan pulang pergi agar nantinya pas rencana mau pulang lagi dari Jogja tiket kereta api sudah tersedia dan gak kehabisan.

Biaya Hotel di Yogyakarta

Nah karena kamu sudah menentukan didaerah mana kamu akan menginap serta berapa malam, maka tinggal cari-cari hotel yang berada didaerah tersebut. Caranya juga cukup mudah masih menggunakan situs travel online.

Selain mencari alamat hotel dikawasan yang dituju, kamu juga bisa mengetahui berapa kisaran harganya dan bisa langsung melakukan Booking Hotel di Jogja secara online. Saya contohkan menggunakan situs pegipegi.

Disana tertera banyak sekali Hotel di kawasan Malioboro dengan berbagai harga yang ditawarkan. Pilihlah Hotel yang nyaman dengan berbagai fasilitas yang kamu butuhkan dan yang penting adalah harganya pas dengan rencana keuangan wisata ke Yogyakarta kamu.
Hotel di Yogyakarta

Dengan informasi diatas kamu bisa memilih hotel dengan harga termurah, misalkan yang Rp.371.000. Untuk dua malam menginap maka biaya yang harus dibayar sekitar Rp.873.000 sudah termasuk pajak dan biaya pelayanan.

Biaya Makan Selama Liburan

Kita sudah mendapatkan Tiket Kereta untuk perjalanan ke Jogja, Hotel juga sudah dibooking, kini bagian makan yang belum. Kota Jogja terkenal dengan biaya makan yang lebih murah dibandingkan Kota lainnya. Tapi jangan terjebak ya, kalau makan di lesehan di kawasan Maliobor harus hati-hati, harganya suka menjebak dan mahal.

Kamu bisa mencari tempat makan yang nyaman dengan harga yang pas sesuai kantong Mahasiswa, kan Jogja gudangnya Mahasiswa maka sudah pasti akan banyak tempat makan dengan tarif murah. Pokoknya kalau yang mahal-mahal cuman di Malioboro.

Selebihnya restoran ditempat lain cenderung murah. Kamu kan menginap dihotel selama 2 hari, berarti setidaknya kamu akan melakukan liburan sekitar 4 hari, kan perjalanan ke Jogja dan pulang dari Jogja. Hitung semuanya, kira-kira untuk makan sekitar Rp.1 juta lah ya selama 4 hari. Itu sih sebenarnya kemahalan, tapi ya hitung pas aja ya.

Biaya Jalan-jalan

Tentu saja kamu akan mengunjungi beberapa tempat wisata di Jogjakarta. Misal Kratos Yogyakarta, Candi Prambanan, Tamansari, Alun-alun, Bakpia, dan lain sebagainya. Kurang lebih kamu membutuhkan dana sekitar Rp.1 jutaan lagi untuk jalan-jalan.

Biaya Oleh-oleh

Cukup lah Rp.500.000, kamu bisa beli Bakpia untuk dikasihkan sama orang dirumah, atau beli pakaian dan lain sebagainya.

Total Biaya Liburan ke Yogyakarta

  • Biaya Transportasi Kereta Api: Rp.860.000
  • Biaya Hotel: Rp.873.000
  • Biaya Makan: Rp.1.000.000
  • Biaya Jalan-jalan: Rp.1.000.000
  • Biaya Oleh-oleh: Rp.500.000
  • TOTAL BIAYA: Rp.4.233.000
Catatan: Biaya ini belum pasti ya, terkadang bisa kurang, namun juga bisa lebih. Saya sendiri habisin uang selama liburan ke Jogjakarta bareng istri gak nyampe segitu. Biaya makan sama jalan-jalan bisa dikurangi karena itu sifatnya optional. Bisa jadi sekitar Rp.2,5 juta hingga Rp.3 jutaan biaya yang dibutuhkan untuk liburan.

PETA PERJALANAN KE JOGJA DARI BANDUNG

Belum ada Komentar untuk "Mau Wisata Yogyakarta? Rencanakan Perjalanan Ke Jogja dengan Sempurna"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel