Tempat Wisata Cililin Bandung Barat yang Asik Untuk Dikunjungi, Alamat Lengkap dan Tarif Masuk

Tempat wisata Cililin Bandung Barat - Kawasan Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat memang terkenal dengan beragamnya tempat wisata kelas nasional yang selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan. Hal ini tak lepas dari adanya Gunung Tangkuban Perahu serta kawasan Lembang.

Kamu mungkin merasa tak asing dengan lokasi wisata Lembang, sebuah kecamatan di Kabupaten Bandung Barat yang menyuguhkan berbagai tema objek wisata seperti kuliner, permainan hingga wisata keluarga dan lain sebagainya.
Tempat Wisata Cililin Bandung Barat

Sebut saja yang terkenal seperti The Lodge Maribaya, Floating Market Lembang, Dusun Bambu Lembang dan lain sebagainya. Atau beberapa opjek wisata yang hits di Bandung Barat yang mungkin saja belum kamu ketahui, kamu bisa mengeceknya di artikel sebelumnya tentang 30 Objek Wisata di Bandung Barat.

Nah terlepas dari kawasan Lembang, kita akan sedikit memberikan informasi mengenai objek wisata Bandung Barat lainnya yakni dari Kecamatan Cililin. Yupz, salah satu kecamanan di Kabupaten Bandung Barat ini juga memiliki beberapa tempat wisata keluarga yang layak kamu kunjungi.

Objek Wisata Cililin Kabupaten Bandung Barat

Ada beberapa objek wisata Cililin yang akhir-akhir ini cukup ramai dikunjungi oleh wisatawan, mulai dari objek wisata kuliner Cililin, hingga objek wisata keluarga dan objek wisata alam Cililin. Berikut beberapa diantaranya:

1. Ikan Bakar Ciminyak Rancapanggung, Cililin

Salah satu tempat wisata di Cililin bertemakan kuliner ikan bakar makan kamu wajib mengunjungi kawasan ikan bakar Ciminyak, Rancapanggung. Dari Kecamatan Cililin kamu tinggal menuju jalan ke arah Sindangkerta. Ditempuh dengan waktu perjalanan 30 menit maka kamu akan menemukan warung-warung ikan bakar.
wisata kuliner cililin ciminyak rancapanggung

Warung-warung tersebut berjejer disepanjang jalan sisi kiri dan kanan diantara jembatan Ciminyak. Dibagian bawahnya kamu akan disuguhkan pemandangan sungai Saguling, jika air tengah penuh maka tak sedikit pemancing berejer ditepian sungai.

Kamu juga bisa memilih tempat makan di atas kolam terapung dengan model lesehan.

Sementara untuk menu utamanya adalah ikan bakar baik ikan mas maupun ikan nila, kamu juga bisa memesan menu lainnya seperti ayam bakar, ca kangkung dan lain sebagainya. Tarif makan untuk seporsi (1 Kg Ikan Bakar) lengkap dengan nasi dan lalapannya dibandrol mulai Rp.50.000.

Tips jika kamu berkunjung ke objek wisata kuliner Cililin ini sebaiknya kamu datang lebih awal untuk memesan makanan, jika kondisi tengah ramai maka kamu harus rela menunggu antrian yang cukup lama, namun rata-rata yang datang sudah memesan makanan dan tempat melalui telepon.

2. Wisata Keluarga dan Kuliner Gunung Putri, Cililin

Tak jauh dari kawasan Objek wisata Cililin ikan bakar Ciminyak, kamu bisa meneruskan perjalanan sedikit lagi ke kawasan wisata Curug Gunung Putri Cililin. Disini juga menyuguhkan sajian kuliner nikmat berupa ikan bakar lengkap dengan nasi liwet dan lalabannya.

Harga setiap porsinya dibandrol mulai Rp.70.000 dan cukup untuk beberapa orang.
Wisata Keluarga dan Kuliner Gunung Putri, Cililin

Kelebihan dari objek wisata Cililin Gunung Putri ini adalah berada diareal pedesaan dengan pemandangan sungai bebatuan serta perbukitan dan pegunungan. Disini juga terdapat Curug atau air terjun.

Selain itu, ada areal permainan untuk anak, kolam renang baik untuk anak maupun dewasa. Hanya saja cukup disayangkan kawasan wisata unggulan Cililin ini belum dikelola secara profesional sehingga terkesan kotor lantaran minim tempat sampah.

Meski begitu, tempat wisata Cililin Curug Gunung Putri bisa menjadi alternatif pilihan wisata di Cililin Kabupaten Bandung Barat selain Ikan Bakar Ciminyak, Pokoknya menu makannya nikmat banget deh.

3. Wisata Bukit Gantole Cililin

Awal mula diberi nama bukit gantole Cililin lantaran tempat ini dijadikan salah satu venue olah raga Gantole atau Paralayang untuk kegiatan PON XIX 2017 Jawa Barat.

Beralamat di Kampung Pasirpanjang, Desa Sindangjaya sebenarnya lokasi Bukit Gantole masuk dalam administratif Kecamatan Cihampelas. Namun begitu lokasinya masih berbatasan dengan Kecamatan Cililin.
Wisata Bukit Gantole Cililin

Jika dari arah Bandung kamu menuju arah ke Batujajar kemudian Cihampelas. Nah setelah pasar Cihampelas sedikit lagi kamu akan melewati Jembatan dan diujungnya terdapat penunjuk jalan menuju Bukit Gantole.

Lokasinya yang berada diatas ketinggian membuat kawasan ini cocok sebagai destinasi wisata untuk menikmati pemandangan kota dan alam dari ketinggian. Kamu bisa melihat Kota Batujajar, Cimahi, Lembang hingga kawasan Dago.

Apalagi jika berkunjung dimalam hari dengan cuaca yang sangat cerah, suasananya akan terasa begitu indah.

Kawasan wisata Cililin Bukit Gantole bisa dibilang masih baru sehingga masih perlu banyak penataan terutama kelengkapan fasilitas untuk wisatawan. Saat ini baru ada warung-warung kecil, parkiran hingga mushola.

Tiket masuk Wisata Cililin Gantole saat ini masih belum ditarif, kamu hanya perlu membayar uang parkir kendaraan saja, untuk motor ditarif sebesar Rp.2000 saja.

4. Wisata Curug Sawer Cililin Bandung Barat

Kamu yang suka dengan wisata alam terutama bertemakan curug maka kamu perlu mengunjungi curug sawer Cililin. Mungkin nama Curug Saweran cukup familiar ditelinga anda lantaran nama ini juga terdapat dibeberapa Curug di Jawa Barat.
Wisata Curug Sawer Cililin Bandung Barat

Kata Saweran biasanya diartikan dengan acara saweran pernikahan, sementara curug adalah air terjun. Konon kabarnya jika ada dua sejoli mengunjungi Curug Saweran maka akan langgeng hingga pelaminan.

Pesona Wisata Curug Sawer Cililin seperti layaknya objek wisata Curug lainnya adalah pemandangan alam yang eksotis yang dikelilingi perbukitan dan pegunungan.

Lokasinya tak jauh dari pusat Cililin sehingga kamu bisa sekalian berbelanja oleh-oleh khas Cililin seperti wajit Cililin atau Kerupuk Melarat yang dibakar meggunakan pasir.

Nah itulah empat tempat wisata Cililin yang cukup hits saat ini, kamu yang berencana liburan diakhir pekan ini rasanya bisa memilih salah satu diantaranya. Jika kamu ingn sekalin wisata kuliner maka tempat yang cocok adalah Ikan Bakar Ciminyak atau Wisata Curug Gunung Putri.

Belum ada Komentar untuk "Tempat Wisata Cililin Bandung Barat yang Asik Untuk Dikunjungi, Alamat Lengkap dan Tarif Masuk"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel